Tuesday, April 24, 2018

Sejarah Asal Usul Dari Batik di Indonesia

Sejarah Asal Usul Dari Batik di Indonesia

Blogging Sejarah - Dilihat dari sejarah, asal mula batik berawal mulai sejak era ke-17 Masehi. Pada saat itu, corak batik ditulis-lukiskan pada daun lotar serta papan tempat tinggal kebiasaan Jawa. Awalannya, alur atau motif batik cuma didominasi oleh gambar tanaman atau binatang. Beberapa pengrajin corak batik juga masih tetap begitu terbatas jumlahnya. Mereka cuma buat corak batik jadi bentuk pelampiasan keinginan seni serta keisengan yang dikerjakan untuk isi waktu luang. 

Pada perubahannya, asal mula batik mulai menarik perhatian pembesar kerajaan Majapahit. Motif-motif abstrak, motif candi, awan, wayang papar, serta beda sebagainya mulai diperkembang pada saat itu. Penulisan batik juga mulai diperuntukkan pada media yang berlainan. Kain putih atau kain-kain berwarna jelas jadi pilihan paling utama karna dipandang lebih tahan lama serta dapat dipakai untuk pemakaian yang semakin banyak. 

Kepopuleran kain batik semakin bercahaya. Pembesar-pembesar kerajaan Majapahit, Mataram, Demak, serta kerajaan-kerajaan sesudahnya, jadikan kain batik jadi lambang budaya. Spesial pada saat dampak Islam, motif batik yang berwujud binatang ditiadakan. Pemakaian motif ini dipandang menyalahi syariat Islam hingga tidak diperbolehkan terkecuali dengan menyamarkannya memakai lukisan-lukisan beda. 

Berkaitan dengan tehnik membuatnya, pada saat itu batik catat adalah hanya satu tehnik yang dipakai. Dalam sistem pelaksanaannya, pewarnaan juga masih tetap memakai bahan pewarna alami yang di buat dari sendiri memakai tanaman-tanaman seperti daun jati, tinggi, mengkudu, pohon nila, serta soga. Sedang untuk bahan sodanya, beberapa pembatik masa itu memakai soda abu serta tanah lumpur. 

Pemakaian kain batik yang terlebih dulu cuma terbatas di lingkungan keraton, makin lama mulai diperkembang oleh seorang wanita. Hal semacam ini buat corak batik semakin bermacam sesuai sama ketertarikan serta jiwa seni beberapa pembuatnya. 

Asal mula batik juga tidak terlepas dari perubahan tehnologi. Pada saat terlebih dulu tehnik batik catat jadi hanya satu langkah yang dapat dikerjakan untuk buat motif batik, sesudah perang dunia I atau sesudah modernisasi semakin menjamur, tehnik batik cap serta batik printing juga mulai di kenal. Ke-2 tehnik batik ini sendiri dipandang jadi tehnik pembatikan yang begitu efektif serta tidak menelan banyaknya waktu, walau dengan kwalitas dinilai kurang mempunyai nilai estetis. 

Sejarah perubahan batik bukan sekedar berhenti hingga di situ. Di masa saat ini, batik tidak cuma di kenal jadi corak baju semata. Beragam pernik pelengkap tampilan dalam kehidupan keseharian seperti tas, sepatu, dasi, sampai helm, juga telah memakai batik jadi motifnya. Bahkan juga, beberapa baju sekolah, kedinasan, serta beda sebagainya juga memakai motif ini jadi pilihan paling utama. 

Nah, sekianlah pemaparan sepintas kami tentang asal mula batik Indonesia serta perubahannya. Mari kita lestarikan warisan nenek moyang bangsa Indonesia ini dengat selalu mengenakannya serta memperkenalkannya pada anak cucu kita. Mudah-mudahan berguna. 

0 comments:

Post a Comment